RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. MENYIMAK
/ ISTIMA'
(Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف).
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu
konteks wacana lisan tentang التعارف dengan
cara mencocokkan dan membedakan secara
tepat.
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mendengarkan wacana tentang berkenalan
§ Drill pelafalan kosakata
§ Tanya jawab tentang isi / materi
D.
Materi Pembelajaran
TA'ARUF
§
Teks percakapan
§
Isim-isim dhomir
§
Jenis-jenis profesi
§
Kata Tanya: ma, man, min
§
Isim isyarah
§ Membedakan mudzakkar
dan mu'annats
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode
ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Kerja kelompok:
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang التعارف
§
Diskusi : Metode
ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§
Menanyakan kepada
siswa tentang التعارف
§
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§
Siswa beradu
cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§
Siswa
membaca berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§
Siswa saling
menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas (elaborasi)
§
Guru memberikan
penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§
Guru melaksanakan
penilaian lisan
§
Memberikan tugas
pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§
Buku paket Bahasa
Arab kelas VII
§
Kaset tentang
perkenalan
§ Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Melafalkankan /
mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
§
Menyebutkan
kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis
profesi dll
|
Tes tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
§
Bedakanlah bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata,
frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف secara tepat!
§
Sebutkanlah
kata-kata / kalimat tentang kata sapaan, jenis profesi!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. MENYIMAK / ISTIMA'
(Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف).
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menemukan informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana
lisan sederhana yang meliputi kata
sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal (للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة) dan
kata depan (أدوات الجر)
dan kata sifat (النعت) termasuk warna
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Bercerita/mengungkapkan isi materi
D.
Materi Pembelajaran
§
هل أنت من سورابايا ؟
§
ما عاصمة جاوى الغربية ؟
§
من ذلك ؟ ومن تلك ؟ من هذا ؟ ومن هذه ؟
§
من أين أنت ؟
§
هل أنت من جاكرتا ؟
§
ما مهنتك ؟
§
وما مهنة أبيك ؟
§
اذكر كلمات الإستفهام فى الحوار الأتية؟
§
اذكر الكلمات لإلقاء السلام فى الصباح؟ فى المساء ؟ فى النهار ؟ فى الليل ؟
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode
ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Kerja kelompok:
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi التعارف
§
Diskusi : Metode
ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§
Menanyakan kepada
siswa tentang التعارف
§
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§
Siswa beradu
cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§
Siswa
membaca berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§
Siswa saling
menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas (elaborasi)
§
Guru memberikan
penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§
Guru melaksanakan
penilaian lisan
§
Memberikan tugas
pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§
Buku paket Bahasa
Arab kelas VII
§
Kaset tentang
perkenalan
§ Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Mengidentifikasi
makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
§
Mengartikan
kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
|
Tes tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
§
Artikanlah
kalimat-kalimat dalam konteks kata sapaan dengan tepat dan benar!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
+ komentar + 1 komentar
Terima kasih pak,,, Sangat bermanfaat
salam dari ommasakom.com
Posting Komentar