PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS VII SEMESTER 1
& 2
A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi
yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan
informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain
bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan
bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal
yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik,
ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku
berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam
pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu
bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual,
sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan Bahasa Arab menjadi persyaratan
penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi.
Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi
peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta
didik dapat merespon secara proaktif
berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat
dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan
untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan
demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta
didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas,
terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran
yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina
kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif
maupun produktif. Kemampuan reseptif
yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu
kemampuan menggunakan bahasa sebagai
alat komunikasi baik secara lisan maupun
secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa
Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu
al-Qur’an dan Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan
Islam bagi peserta didik.
Untuk
itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar
berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara
integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu,
pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada
kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat
pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa
diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced)
dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik
diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1. Mengembangkan kemampuan
berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat
kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam),
membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran
tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi
alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3. Mengembangkan pemahaman
tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala
budaya. Dengan demikian peserta didik
diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam
keragaman budaya.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang
berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolahku, kehidupan keluargaku, rumahku, hobi, profesi, kegiatan keagamaan
dan lingkungan.
D. Standar Kompetensi
Lulusan (SKL)
1. Menyimak
Mampu
memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana)
tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas
di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
2. Berbicara
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita
dan bertanya jawab tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan
alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar
kita.
3. Membaca
Mampu
memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang identitas diri, rumahku, keluargaku,
menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi,
cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
4. Menulis
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan,
perasaan, pengalaman dan
informasi melalui kegiatan menulis pikiran tentang identitas diri, rumahku, keluargaku,
menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi,
cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
E. SK DAN KD BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYYAH
KELAS 7 SMT 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MENYIMAK/ISTIMA'
1.
(Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan baik
berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف)
|
1.1. Mengidentifikasi bunyi
huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks
waca-na lisan tentang التعارف
dengan ca-ra menco-cokkan dan membedakan secara tepat
|
1.2. Menemu-kan infor-masi umum
dan atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana
lisan sederhana yang meli-puti kata
sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
|
1.3. Merespon gagasan yang
terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang mengguna-kan kata
sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
|
BERBICARA/KALAM
2.
(mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman atau informasi melalui kegiatan bercerita dan
bertanya jawab tentang التعارف)
|
2.1. Melakukan dialog se-derhana
dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan أدوات الجر) )
|
2.2. Menyam-paikan in-formasi
secara lisan dengan lafal yang tepat
dalam kalimat sederhana sesuai kon-teks yang mencerminkan keca-kapan ber-bahasa
yang santun meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
|
MENULIS/KITABAH
3.
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas
dan menulis tentang التعارف)
|
3.1
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa,
dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat
|
3.2
Mengung-kapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف
dengan tepat menggunakan kata
sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
|
BERBICARA/KALAM
4.
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui
kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى)
|
4.1
Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan tepat dan benar
menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna.
|
4.2
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi
kata sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
5.
(Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan
atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca
, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى
|
5.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
5.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis
sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
|
5.3
Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana tentang “مدرستى” dengan tepat dan
benar
|
|
MENULIS/KITABAH
6.
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi
melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)
|
6.1. Menulis dan melengkapi huruf
hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang
tepat
|
6.2. Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan
secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “
dengan menggunakan kata sapaan
(إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
KELAS 7 SMT 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
MENYIMAK/ISTIMA')
7.
Memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog
sederhana) tentang بيتى
|
7.1. Mengidentifikasi
bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam
suatu kon-teks waca-na lisan tentang “بيتى” dengan ca-ra menco-cokkan dan membedakan secara tepat
|
7.2. Menemu-kan
infor-masi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana
tentang “بيتى” dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت
|
|
7.3. Memberi-kan
tang-gapan/res-pons pada ide/gagasan yang terda-pat pada wacana lisan atau
dialog sederhana tentang “بيتى” dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت
|
|
BERBICARA/KALAM
|
8.1. Menyampaikan
infor-masi secara lisan tentang “بيتى” dengan lafal dengan tepat dengan mengguna-kan
kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
8.2. Melakukan
dialog sederhana dengan lancar tentang kecakapan berkomunikasi dengan tepat
dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
|
8.3. Bercerita
tentang “بيتى” dengan menggunakan kalimat
sederhana dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
|
KITABAH/MENULIS
9.
(Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang بيتى)
|
9.1 Menulis
dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “ بيتى” dengan tanda baca yang tepat
|
9.2 Menulis
paragraf sangat sederhana tentang بيتى dengan menggunakan kalimat
berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
|
9.3 Menulis tentang بيـتى dengan menggunakan media
gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat
dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
|
|
BERBICARA/KALAM
10. (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita
dan bertanya jawab tentang أسرتي)
|
10.1 Menyampaikan
in-formasi se-cara lisan dengan la-fal
yang tepat da-lam kali-mat seder-hana tentang أسرتي
mengguna-kan
kalimat berstruktur meliputi mubtada dan khobar
(berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
10.2 Bercerita tentang أسرتي
dengan
mengguna-kan media gambar /alat peraga
dan menerapkan struktur
kali-mat meli-puti: mubta-da dan kho-bar (berupa kata kerja / fiil mudhari
mufrad)
|
|
10.3 Melakukan tanya jawab
tentang أسرتي
dengan menerapkan kalimat berstruktur meliputi: mubtada dan khobar (berupa kata
kerja / fiil mudhari mufrad)
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
11. (Memahami
berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan
menemukan tentang أسرتي)
|
11.1 Membaca
nyaring, me-lafalkan huruf hija-iyyah, kata, frase, kali-mat seder-hana
dengan ucap-an, tekanan dan intonasi yang bertema tentang أسرتي
dengan menerapkan
kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari
mufrad)
|
11.2 Mengidentifikasi
kata, frasa, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتي
mengunakan kalimat
berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
|
11.3 Menemu-kan
informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang أسرتي
dengan menerapkan
kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari
mufrad)
|
|
KITABAH/MENULIS
12. (Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi
melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتي)
|
12.1 Menulis paragraph sederhana
tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat
berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
12.2 Menulis cerita sederhana
tentang أسرتي yang mencerminkan kecakapan
menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur:
mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
13. (Memahami
berbagai ragam teks tulis dalam
bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)
|
13.1 Membaca
nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان
dengan menerapkan
hitungan 1 s/d 100
|
13.2 Mengiden-tifikasi
kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100
|
|
13.3 Menemu-kan
infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana tentang sebuah lokasi/alamat
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
14. (Memahami
berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan
menemukan pokok pikiran tentang العنوان)
|
14.1 Membaca
nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان
dengan menerapkan
hitungan 1 s/d 100
|
14.2 Mengiden-tifikasi
kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100
|
|
14.3 Menemu-kan
infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana tentang sebuah lokasi/alamat
|
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan
landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Posting Komentar