KONSEP UMUM MEDIA PEMBELAJARAN
DEWI SHOBICHATUR ROHMAH (D02212005)
- Pengertian Media Pembelajaran
kata
media berasal dari bahasa latin “medium” yang artinya perantara,
sedangkan dalam bahasa Arab media berasal dari kata wasa>ila artinya pengantar pesan dari pengirim
kepada penerima pesan. Media belajar juga dapat didefinisikan sebagai
berikut.
1. Menurut Berlach dan Ely mengemukakan bahwa media belajar
adalah alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses
dan menyusun kembali informasi dan menyusun kembali informasi visual atau
verbal;[1]
2. Heinich, dkk Media pembelajaran adalah
media-media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan untuk
pembelajaran atau mengandung
maksud-maksud pembelajaran.[2]
3. Rossi mengemukakan bahwa
media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk
mencapai tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah, dan
sebagainya.[3]
4. Media pembelajaran adalah bentuk saluran, yang digunakan untuk
menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau
pembelajar dapat pula dikatakan bahwa
media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan dalam
lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar.[4]
- Ciri-ciri Media Pembelajaran yang Efektif
Menurut Gerlanch dan Ely (1980), ada 3 ciri media pembelajaran yaitu :
1.
fiksatif adalah kemampuan
media merekam, menyimpan, melestarikan, merekonstruksi suatu peristiwa atau
objek.
2.
manipulatif adalah kemampuan media
memanipulasi suatu peristiwa atau objek melalui proses pengaturan dan
pengeditan.
3.
distributif adalah
kemampuan media mendistribusikan suatu peristiwa atau objek melalui ruang
dengan stimulus pengalaman yang relatif sama kepada siswa, dan media tersebut
bisa disebarluaskan dengan mudah.[5]
- Manfaat Media pembelajaran
1.
Manfaat Media pembelajaran bagi pengajar,
yaitu:
a.
memberikan pedoman, arah untuk
mencapai tujuan
b.
menjelaskan struktur dan urutan
pengajaran dengan baik
c.
memberikan kerangka sistematis
secara baik.
d.
memudahkan kembali pengajar terhadap
materi pembelajaran
e.
membangkitkan rasa percaya diri seorang
pengajar.
f.
meningkatkan kualitas pembelajaran
2. Manfaat media
pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
a. meningkatkan motivasi belajar pembelajar
b. memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
c. memberikan struktur materi pelajaran
d. memberikan inti informasi pelajaran
e. merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
f. menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
g. pelajar dapat memahami materi pelajaran dengan
sistematis yang disajikan pengajar .
- Macam-macam Media Pembelajaran
Klasifikasi media dapat dilihat dari jenisnya, daya liputnya, dan cara
pembuatannya.
1. Dilihat dari jenisnya, media dibagi dalam:
a. Media Auditif : Media yang hanya mengandalkan
kemampuan suara saja, seperti; radio, cassete recorder.
b. Media Visual : Media yang hanya mengandalkan indra
penglihatan, seperti; film kartun, gambar bisu.
c. Media Audiovisual :
Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar.
2. Dilihat dari daya liputnya, media dibagi dalam:
a. Media dengan daya liput luas dan serentak
b. Media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan
tempat
c. Media untuk pengajaran individual
3. Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi dalam:
a. Media Sederhana
b. Media Kompleks[6]
- Media Pembelajaran Keterampilan Bahasa
Kemampuan berbahasa secara
konvensional meliputi empat maharat, diantaranya yakni:
1.
Kemampuan menyimak (istima’), menggunakan
media :
a.
Compact disk (CD)
b.
Casset Recorder
c.
Peragaan
d.
Permainan Bahasa
2.
Kemampuan berbicara (kalam), menggunakan
media:
a.
Film
b.
Karya Wisata
c.
Lembar Teks Dialog
d.
Lembar Daftar Pertanyaan
3.
Kemampuan membaca (qira’ah), menggunakan media:
a.
Teks Bacaan
b.
Laboratorium
4.
Kemampuan menulis (kitabah)
a.
Kaset
b.
Foto atau Gambar
c.
Lembar Fotocopy tulisan.[7]
- Kriteria dalam Memilih Media Pembelajaran
Media merupakan bagian dari sistem instruksional secara keseluruhan. Untuk
itu ada beberapa kriteria yang patut diperhatikan dalam memilih media,
diantaranya:
1. Disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.
2. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya
fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
3. Praktis, luwes, dan bertahan.
4. Guru terampil menggunakannya.
5. Pengelompokan sasaran.
6. Mutu teknis.[8]
- Urgensi Media Pembelajaran
Menurut John Lannon
(1982:261) yang dikutip oleh Azhar Arsyad, mengemukakan bahwa media
pembelajaran itu penting karena dapat :
1. Menarik minat siswa
2. Meningkatkan pengertian
siswa
3. Memberikan data yang
kuat/terpercaya
4. Memadatkan informasi
5. Memudahkan menafsirkan
data.[9]
- Pendekatan dalam Pemilihan Media Pembelajaran.
1. Pemilihan Terbuka
2. Pemilihan Tertutup[10]
- Fungsi Media Pembelajaran
Media Pembelajaran berfungsi untuk
merangsang pembelajaran dengan:
1. memberi kesamaan persepsi
2. mengatasi hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
3. menyajikan ulang informasi secara konsisten
4. memberi suasana yang belajar yang tidak tertekan,
santai, dan menarik[11].
- Ayat Al-qur’an yang Berhubungan dengan Media Pembelajaran.
Mungkin para pembaca sekalian dalam menerapkan media pembelajaran tidak
pernah berfikir kalau media atau perantara itu sudah termaktub dalam Alquran
Mari kita simak ayat-ayat Alquran berikut ini:
ù&tø%$# y7š/u‘ur ãPtø.F{$# ÇÌÈ “Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ ÇÎÈ
3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4.
yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589][12],
5.
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Secara
tidak langsung dari beberapa ayat diatas, ,Allah mengisyaratkan bahwa Allah itu
akan memberikan pengetahuan kepada manusia, akan tetapi itu tidak langsung
begitu saja, tidak mungkin Allah tiba-tiba mentransferkan pengetahuan langsung
ke otak kita. Akan tetapi, Allah akan memberikan pengetahuan kepada kita
melalui perantara / media.
[1]
Lihat : http://panduanguru.com/media-pembelajaran-apa-dan-bagaimana/
[2]
Lihat : http://ikarizqilestari.blogspot.com/2012/04/konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[3]
Lihat : http://sutiawanhendri.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[4]
Lihat : http://der-traumer.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html
[5]
Lihat : http://zhensafandi.wordpress.com/2012/09/25/konsep-konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[6]
Lihat : http://ikarizqilestari.blogspot.com/2012/04/konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[10]
Lihat : http://www.p4tkipa.net/modul/Tahun2005/UMUM/Media%20Pembelajaran.pdf
[11]
Lihat : http://der-traumer.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html
Posting Komentar