KONSEP UMUM MEDIA PEMBELAJARAN


KONSEP UMUM MEDIA PEMBELAJARAN
DEWI SHOBICHATUR ROHMAH (D02212005)
  1. Pengertian Media Pembelajaran
kata media berasal dari bahasa latin “medium” yang artinya perantara, sedangkan dalam bahasa Arab media berasal dari kata wasa>ila artinya pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Media belajar juga dapat didefinisikan sebagai berikut.
1.      Menurut Berlach dan Ely mengemukakan bahwa media belajar adalah alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi dan menyusun kembali informasi visual atau verbal;[1]
2.      Heinich, dkk Media pembelajaran adalah media-media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan untuk pembelajaran atau mengandung maksud-maksud pembelajaran.[2]
3.      Rossi mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah, dan sebagainya.[3]
4.      Media pembelajaran adalah bentuk saluran, yang digunakan untuk menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar dapat pula dikatakan  bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar.[4]

  1. Ciri-ciri Media Pembelajaran yang Efektif
Menurut Gerlanch dan Ely (1980), ada 3 ciri media pembelajaran yaitu :
1.      fiksatif adalah kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, merekonstruksi suatu peristiwa atau objek.
2.       manipulatif adalah kemampuan media memanipulasi suatu peristiwa atau objek melalui proses pengaturan dan pengeditan.
3.        distributif adalah kemampuan media mendistribusikan suatu peristiwa atau objek melalui ruang dengan stimulus pengalaman yang relatif sama kepada siswa, dan media tersebut bisa disebarluaskan dengan mudah.[5]

  1. Manfaat Media pembelajaran
1.      Manfaat Media pembelajaran bagi pengajar, yaitu:
a.       memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan
b.      menjelaskan struktur dan urutan pengajaran dengan baik
c.       memberikan kerangka sistematis secara baik.
d.      memudahkan kembali pengajar terhadap materi pembelajaran
e.       membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
f.       meningkatkan kualitas pembelajaran
2.      Manfaat media  pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
a.       meningkatkan motivasi belajar pembelajar
b.      memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
c.       memberikan struktur materi pelajaran
d.      memberikan inti informasi pelajaran
e.       merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
f.       menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
g.      pelajar dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan pengajar .
  1. Macam-macam  Media Pembelajaran
Klasifikasi media dapat dilihat dari jenisnya, daya liputnya, dan cara pembuatannya.
1.      Dilihat dari jenisnya, media dibagi dalam:
a.       Media Auditif : Media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti; radio, cassete recorder.
b.      Media Visual : Media yang hanya mengandalkan indra penglihatan, seperti; film kartun, gambar bisu.
c.       Media Audiovisual     : Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar.
2.      Dilihat dari daya liputnya, media dibagi dalam:
a.       Media dengan daya liput luas dan serentak
b.      Media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat
c.       Media untuk pengajaran individual
3.      Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi dalam:
a.       Media Sederhana
b.      Media Kompleks[6]
  1. Media Pembelajaran Keterampilan Bahasa
Kemampuan berbahasa secara konvensional meliputi empat maharat, diantaranya yakni:
1.      Kemampuan menyimak (istima’), menggunakan media :
a.       Compact disk (CD)
b.      Casset Recorder
c.       Peragaan
d.      Permainan Bahasa
2.      Kemampuan berbicara (kalam), menggunakan media:
a.       Film
b.      Karya Wisata
c.       Lembar Teks Dialog
d.      Lembar Daftar Pertanyaan
3.      Kemampuan membaca (qira’ah), menggunakan media:
a.       Teks Bacaan
b.      Laboratorium
4.      Kemampuan menulis (kitabah)
a.       Kaset
b.      Foto atau Gambar
c.       Lembar Fotocopy tulisan.[7]
  1. Kriteria dalam Memilih Media Pembelajaran
Media merupakan bagian dari sistem instruksional secara keseluruhan. Untuk itu ada beberapa kriteria yang patut diperhatikan dalam memilih media, diantaranya:
1.      Disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.
2.      Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
3.      Praktis, luwes, dan bertahan.
4.      Guru terampil menggunakannya.
5.      Pengelompokan sasaran.
6.      Mutu teknis.[8]
  1. Urgensi Media Pembelajaran
Menurut John Lannon (1982:261) yang dikutip oleh Azhar Arsyad, mengemukakan bahwa media pembelajaran itu penting karena dapat :
1.      Menarik minat siswa
2.      Meningkatkan pengertian siswa
3.      Memberikan data yang kuat/terpercaya
4.      Memadatkan informasi
5.      Memudahkan menafsirkan data.[9]
  1. Pendekatan dalam Pemilihan Media Pembelajaran.
1.      Pemilihan Terbuka
2.      Pemilihan Tertutup[10]
  1. Fungsi Media Pembelajaran
Media Pembelajaran berfungsi untuk merangsang pembelajaran dengan:
1.      memberi kesamaan persepsi
2.      mengatasi hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
3.      menyajikan ulang informasi secara konsisten
4.      memberi suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik[11].
  1. Ayat Al-qur’an yang Berhubungan dengan Media Pembelajaran.
Mungkin para pembaca sekalian dalam menerapkan media pembelajaran tidak pernah berfikir kalau media atau perantara itu sudah termaktub dalam Alquran
Mari kita simak ayat-ayat Alquran berikut ini:
ù&tø%$# y7š/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈ   Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ   zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ ÇÎÈ    
3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4. yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589][12],
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Secara tidak langsung dari beberapa ayat diatas, ,Allah mengisyaratkan bahwa Allah itu akan memberikan pengetahuan kepada manusia, akan tetapi itu tidak langsung begitu saja, tidak mungkin Allah tiba-tiba mentransferkan pengetahuan langsung ke otak kita. Akan tetapi, Allah akan memberikan pengetahuan kepada kita melalui perantara / media.


[1] Lihat : http://panduanguru.com/media-pembelajaran-apa-dan-bagaimana/
[2] Lihat : http://ikarizqilestari.blogspot.com/2012/04/konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[3] Lihat : http://sutiawanhendri.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[4] Lihat : http://der-traumer.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html
[5] Lihat : http://zhensafandi.wordpress.com/2012/09/25/konsep-konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[6] Lihat : http://ikarizqilestari.blogspot.com/2012/04/konsep-dasar-media-pembelajaran.html
[7] Lihat : http://faraharael.blogspot.com/2012/05/jenis-jenis-media-pembelajaran.html
[8] Lihat : http://nova-fitri.blogspot.com/2012/03/konsep-dasar-media-pembelajaran-nova.html
[9] Lihat : http://faizahee.blogspot.com/2012/12/media-pembelajaran.html
[10] Lihat : http://www.p4tkipa.net/modul/Tahun2005/UMUM/Media%20Pembelajaran.pdf
[11] Lihat : http://der-traumer.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html
[12] [1589] Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca

Dapatkan file ppt disini
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kajian Universal - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger